REMNIKA

REMNIKA
Remaja Masjid Jami Nurul Ilham Kassi

Sabtu, 17 Maret 2012

Fenomena Remaja



Seperti banyak yang telah diberitakan,banyak remaja yang terlibat hal-hal negatif akhir-akhir ini. Mungkin pertanyaan kita saat ini,’Mengapa mereka banyak terlibat pada kasus-kasus yang sudah jelas merugikan masa depan mereka?’,atau mungkin kita bertanya,’Dari keluarga apa mereka,sampai mereka seperti itu?’

Jawabannya adalah,karena usia mereka masih sangat labil sehingga mereka cepat terjerumus dalam hal-hal negatif yang merugikan masa depan mereka. Ada beberapa faktor turunan yang membuat emosi mereka tidak terkontrol. Mari kita lihat apa saja itu :

Pertama,mereka berasal dari keluarga yang berantakan atau broken home,sehingga mereka mencari pelampiasan diri. Dan saat-saat seperti itu pergaulan yang salah dan asal-asalan dapat memicu emosi yang semakin tidak stabil. Kedua,dari pergaulan yang salah. Mereka bergaul dengan orang-orang yang salah,dan mengikuti setiap kesalahan yang dilakukan oleh kelompoknya. Jika mereka tidak ikut-ikutan tidak akan jadi masalah yang serius. Tapi pada prinsipnya,mereka takut untuk menolak. Ketiga,dari gaya pacaran remaja sekarang yang juga mulai berbahaya mulai melakukan sesuatu atas nama cinta,sehingga freesex pun dihalalkan sebagai bumbu cinta. Padahal tanpa mereka sadari itu dapat merusak masa depan yang sudah harus mereka tata sejak sekarang. Keempat,dari cara hidup mereka yang berkecukupan,sehingga mereka merasa bisa mendapatkan apapun dengan mudah. Seperti berlangganan narkoba,pulang malam karena dugem,dan sebagainya.

Semua itu bukan satu-satunya jawaban atas semua permasalahan remaja saat ini. Lalu apa yang harus  kita lakukan sebagai remaja agar semua tidak menjadi lebih buruk? Mungkin ada beberapa cara untuk mencegah semuanya agar tidak menjadi lebih buruk.

Pertama,iman yang kuat bisa membentengi diri kita dari hal-hal negatif yang berseliweran disekitar kita. Kedua,berani mengatakan tidak pada hal-hal yang menurut kita buruk. Ketiga,jangan terlalu menyerahkan diri pada cinta. Karena cinta itu membangun,bukan menghancurkan. Jika pacar kita meminta kita melakukan freesex,jangan pernah mau. Karena itu bukan cinta tapi nafsu.

Itu hanya sekelumit kecil persoalan remaja sekarang. Kita sebagai generasi muda bangsa harus bisa membangun bangsa kita sendiri dengan hal-hal yang positif dan prestasi yang bisa dibanggakan. Karena masa depan bangsa kita ada pada pundak kita sekarang.

Maka mari kita bangun lagi bangsa yang semakin maju dan jauh dari masalah remaja dan kenakalan remaja. Karena bangsa yang kuat berasal dari generasi muda yang berbudi pekerti luhur dan bermoral,serta kecerdasan untuk mengelola bangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar